KEMENTERIAN PARIWISATA & EKONOMI KREATIF GEDISKUSI KELOMPOK DI KAB.SAMOSIR

Author:

Category:

Parbaba.Warta.In – Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif / Badan pariwisata dan ekonomi kreatif melaksanakan kegiaatan Diskusi Kelompok Terpumpun ( DKT) membahas mengenai sub sektor ekonomi kreatif potensial di kab samosir serta acara kegiaatan penanda tanganan berita acara hasil uji petik ( BAHUP) PMK 31 yang diselenggarakan selama 2 ( dua) hari. Kegiatan yang dilaksanakan 3-4 Mei 2021 yang mengambil tempat Hotel JTS jalan raya pangururan di hari pertama dan dihari kedua digedung pertemuan pemerintah kabupaten samosir.

SAMBUTAN KEPALA DINAS PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR DUMOSCH PANDINGAN, S Sos DALAM DISKUSI KELOMPOK TERPUMPUN (DKT) UJI PETIK PROGRAM KEGIATAN PENILAIAN MANDIRI KABUPATEN/KOTA KREATIF INDONESIA KABUPATEN SAMOSIR
3 MEI 2021

• YANG SAYA HORMATI:
– DIREKTUR INFRASTRUKTUR EKONOMI KREATIF KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF REPUBLIK INDONESIA, IBU SELLIANE HALIA ISHAK;
– KEPALA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI SUMATERA UTARA, IBU dr. RIA NOFIDA TELAUMBANUA, M.Kes;
– ASISTEN PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SAMOSIR, BAPAK SAUL SITUMORANG, SE, M.Si;
– TIM UJI PETIK PENILAIAN MANDIRI KABUPATEN/KOTA KREATIF INDONESIA (PMK31) KABUPATEN SAMOSIR SEBAGAI FASILITATOR SELURUH TAHAPAN PROGRAM KEGIATAN;
– PERWAKILAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN SAMOSIR;
– DAN SELURUH PERWAKILAN PELAKU EKONOMI KREATIF KABUPATEN SAMOSIR YANG SAYA BANGGAKAN.

• PUJI SYUKUR KITA PANJATKAN KEPADA TUHAN ATAS BERKAT DAN RIDHONYA SEHINGGA KITA MASIH DIBERIKAN KESEHATAN UNTUK HADIR DAN MENGIKUTI DISKUSI KELOMPOK TERPUMPUN (DKT) UJI PETIK PROGRAM PMK3I KABUPATEN SAMOSIR.

• TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KAMI UCAPKAN KEPADA SELURUH TIM UJI PETIK PMK3I YANG SELAMA INI TIDAK KENAL LELAH UNTUK BEKERJA MELAKSANAKAN PROGAM KEGIATAN PENILAIAN MANDIRI KABUPATEN/KOTA KREATIF INDONESIA DI KABUPATEN SAMOSIR.

• SAYA SANGAT BANGGA DENGAN KERJASAMA SELURUH PIHAK, BAIK TIM UJI PETIK, SELURUH PELAKU EKONOMI KREATIF, ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DAN STAF DINAS PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR YANG TERLIBAT LANGSUNG DALAM SELURUH PROSES HINGGA TAHAP DISKUSI INI.
• PESAN SAYA SEBELUM DISKUSI INI KITA MULAI, PERLU SAYA SAMPAIKAN BEBERAPA POINT PENTING DALAM MENJALANKAN SUBSEKTOR EKONOMI KREATIF ANTARA LAIN :
1. PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB);
2. SERAPAN TENAGA KERJA;
3. EKSPOR PRODUK.

• SEDANGKAN DALAM PEMILIHAN SUBSEKTOR UNGGULAN DITENTUKAN BERDASARKAN KESEPAKATAN BERSAMA ANTAR AKTOR YAKNI : AKADEMISI, PELAKU BISNIS, KOMUNITAS, PEMERINTAH DAN MEDIA ATAU DISINGKAT (ABCGM), DENGAN MEMPERTIMBANGKAN :
1. JUMLAH SUBSEKTOR EKONOMI KREATIF YANG DOMINAN/MAYORITAS;
2. KELENGKAPAN RANTAI PROSES EKONOMI KREATIF YANG DIDALAMNYA TERDAPAT KREASI-PRODUKSI-DISTRIBUSI-KONSUMSI-HINGGA KONSERVASI);
3. KETERKAITAN ANTAR SUBSEKTOR EKONOMI KREATIF UNGGULAN DENGAN SUBSEKTOR YANG LAIN SEBAGAI DAYA UNGKIT DAN DAYA DORONG DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF.

• KITA TELAH BERSAMA-SAMA MELEWATI TAHAP DEMI TAHAP, MULAI DARI TAHAP PENDATAAN PARA PELAKU EKONOMI KREATIF YANG AKTIF DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN SAMOSIR YANG TERDIRI DARI LIMA SUBSEKOTR, ANTARA LAIN :
1. SUBSEKTOR SENI PERTUNJUKAN;
2. SUBSEKTOR KULINER
3. SUBSEKTOR KRIYA
4. SUBSEKTOR FASHION
5. SUBSEKTOR FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI

• TAHAP SELANJUTNYA, DARI LIMA SUBSEKTOR INI, KEMUDIAN DIKERUCUTKAN KEMBALI MENJADI TIGA SUBSEKTOR UNGGULAN, YAITU SUBSEKTOR SENI PERTUNJUKAN, SUBESEKTOR KULINER DAN SUBSEKTOR KRIYA.

• ADAPUN KARAKTERISTIK PERLU SAYA JELASKAN DIMANA YANG MELEKAT PADA TIGA SUBSEKTOR UNGGULAN DIMAKSUD ADALAH :
1. SUBSEKTOR SENI PERTUNJUKAN DI KABUPATEN SAMOSIR SANGAT MELEKAT KARAKTER BUDAYA BATAK TOBA DALAM SETIAP EVENT PERTUNJUKANNYA DAN TIDAK JARANG KITA PARA PELAKU SENI PERTUNJUKAN JUGA MENAMPILKAN KOLABORASI ANTAR BUDAYA SE-KAWASAN DANAU TOBA. DAN SAAT INI MELALUI DEWAN KESENIAN SAMOSIR SEBAGAI WADAH DAN PAYUNG HUKUM SUBSEKTOR SENI PERTUNJUKAN SANGAT INTENS MENDORONG ADANYA EVENT-EVENT MASYARAKAT YANG MENGANGKAT BUDAYA; TRADISIONAL DENGAN SWADAYA MASYARAKAT ITU SENDIRI.
2. SUBSEKTOR KULINER DI KABUPATEN SAMOSIR SANGAT POTENSIAL DENGAN KARAKTERISTIK BUDAYA LOKAL SAMOSIR YANG MELEKAT DAN JUGA MENGANGKAT PRODUK HASIL PERTANIAN ASLI SAMOSIR YANG TELAH DIOLAH HINGGA SIAP SAJI, KHUSUSNYA KOPI SAMOSIR, KACANG RONDAM, MANGGO WINE, KERIPIK KHAS SAMOSIR DAN KOLANG-KALING SAMOSIR; DAN
3. SUBSEKTOR KRIYA DI KABUPATEN SAMOSIR DENGAN KARAKTERISTIK BUDAYA LOKAL SAMOSIR YANG SANGAT KUAT DAN KENTAL, SEPERTI SENI UKIR DI KAWASAN TOMOK, TUKTUK SIADONG DAN SIALLAGAN PINDARAYA DAN TENUN ULOS BAIK DENGAN ALAT TENUN TRADISIONAL MAUPUN ALAT TENUN BUKAN MESIN YANG BERADA DI KAWASAN DESA LUMBAN SUHISUHI TORUAN DAN BUHIT.

• DAN DISAMPAIKAN KEPADA SELURUH PELAKU EKONOMI KREATIF, BAHWA KITA TELAH MASUK PADA TAHAP DISUKUSI KELOMPOK TERPUMPUN ATAU DKT PADA SAAT INI, DAN SUNGGUH-SUNGGUHLAH KITA MENGIKUTI TAHAP INI, SEBAB INILAH TAHAP TERAKHIR DAN TAHAP PENENTU, KEMANA KABUPATEN SAMOSIR INI MAU DIBAWA OLEH ANDA SEKALIAN.

• KETERLIBATAN KITA PARA PELAKU EKONOMI KREATIF PADA TAHAP DISKUSI KELOMPOK TERPUMPUN INI ADALAH TAHAP YANG MENENTUKAN PADA SUBSEKTOR UNGGULAN EKONOMI KREATIF MANAKAH YANG TERBAIK BAGI KABUPATEN SAMOSIR, SATU KATA, SATU JIWA, MENUJU SATU TUJUAN DENGAN SINERGITAS DAN KOLABORASI KITA PADA DISKUSI INI, TENTUKANLAH YANG TERBAIK BAGI KABUPATEN SAMOSIR.

• NAMUN HARAPAN KITA BERSAMA, APAPUN PENETAPAN SUBSEKTOR UNGGULAN EKONOMI KREATIF UNTUK KABUPATEN SAMOSIR, AGAR EKONOMI KRATIF KABUPATEN SAMOSIR YANG TERDIRI DARI BANYAK SUBSEKTOR DAPAT BEKERJASAMA DAN BERKOLABORASI DALAM MENGHANDLE SETIAP KEGIATAN BAIK YANG BERSKALA KECIL MAUPUN YANG BERSKALA BESAR, BAIK YANG DIKELOLA OLEH PEMERINTAH DAERAH MAUPUN OLEH MASYARAKAT.

• AKHIR KATA SAYA UCAPAN TERIMA KASIH DAN BANGGA ATAS KERJASAMA KITA BERSAMA DALAM MENDUKUNG TERSELENGGARANYA RANGKAIAN KEGIATAN TANPA KEKURANGAN SUATU APAPUN.
• SALAM SEHAT UNTUK KITA SEMUA, HORAS….. HORAS….. HORAS

KEGIAATAN INI KITA LAKSANAKAN TETAP MENGIKUTI PROTOKOL KESEHATAN, DIMANA PARA PESERTA YANG IKUT KITA BATASI GUNA MENGHINDARI KERUMUNAN.” UCAP TOGAR SIBORO KRPALA BIDANG KRMITRAAN DI DINAS PARIWISATA. ( Humas/ bulele73)

The post KEMENTERIAN PARIWISATA & EKONOMI KREATIF GEDISKUSI KELOMPOK DI KAB.SAMOSIR appeared first on iN.

Read More

Related Articles

Pimpinan Instansi Akan Dapatkan Sanksi Jika Izinkan PNS Cuti Lebaran

Jakarta, (14/05/2021)- Satubanten.com– Pimpinan instansi dipastikan akan mendapatkan sanksi jika mengizinkan pegawai negeri sipilnya (PNS) 6 saat lebaran. Seperti diketahui PNS pada lebaran ini...

453 kendaraan Pemudik di Putar Balikkan oleh Polda Banten saat Hari Raya Idul Fitri

Serang, SatuBanten – Sebanyak 453 kendaraan yang nekat melakukan mudik lebaran pada hari Kedelapan diputarbalikkan oleh Polda Banten dalam Operasi Ketupat Maung 2021. Kabid Humas...

Subaru Perkenalkan Kendaraan Listrik Kerjasama Dengan Toyota

Serang,(14/05/2021),Satubanten.com- Sudah bukan rahasia umum bahwa Subaru dan Toyota bekerja sama untuk menciptakan kendaraan masa depan dengan teknologi canggih. Belum lama ini Subaru memperkenalkan Mobil...

Tidak Hanya Mengobati Haus, Ternyata Kelapa Kopyor Juga Bisa Meningkatkan Vitalitas Pria

Serang,(14/05/2021),Satubanten.com- Kelapa kopyor adalah salah satu minuman yang dibuat dari kelapa muda yang memiliki keunikan yang terjadi secara alami pada perkembanganya. Kelapa kopyor memiliki karakteristik...