August 25, 2017

Tata Cara Aqiqah yang Sesuai dengan Sunah Rasul

Mencukur rambut bayi

Sebagai seorang muslim, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan aqiqah. Menurut bahasa, aqiqah memiliki arti memotong. Sementara, menurut istilah, aqiqah berarti menyembelih kambing atau domba untuk bayi yang baru dilahirkan pada hari ke 7, 12, atau 21 dengan ketentuan 2 ekor kambing untuk bayi laki-laki dan 1 ekor untuk bayi perempuan.

Salah satu dalil yang mensyariatkan aqiqah adalah sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Samurah bin Jundab berikut ini, yang artinya:

“Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.(HR Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad)

Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunah muakkad. Jika dilaksanakan akan mendapat pahala, dan jika tidak dilaksanakan tidak mendapat dosa. Namun, sebagai muslim yang taat, kita tentu yakin bahwa segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT pasti mengandung hikmah dan keutamaan yang besar, begitu pula dengan aqiqah. Karenanya, apabila kita mampu melaksanakan aqiqah, akan sangat baik jika kita beraqiqah sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini adalah tata cara aqiqah yang sesuai dengan sunah rasul.

  1. Dilaksanakan pada hari ke 7 setelah kelahiran sang bayi

Kelahiran Bayi Hari Ke 7

Kelahiran Bayi Hari Ke 7

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Samurah bin Jundab, maka sudah jelas bahwasannya pelaksanaan aqiqah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah pada hari ketujuh setelah kelahiran bayi. Namun, jika berhalangan, pelaksanaan aqiqah juga bisa dilaksanakan pada hari ke 14 atau ke 21.

Selain ketentuan di atas, ada juga pendapat dari ulama yang mengatakan bahwa apapila seorang muslim dalam keadaan ekonomi yang tidak memungkinkan pada waktu-waktu tersebut, maka pelaksanaan aqiqah dapat ditunda sampai dirinya telah mampu.

  1. Menyembelih 2 kambing untuk anak laki-laki dan 1 unuk anak perempuan

Menyembelih 2 Kambing Aqiqah

Menyembelih 2 Kambing Aqiqah

Anjuran aqiqah bagi bayi laki-laki adalah 2 ekor kambing dan bagi bayi perempuan 1 ekor kambing. Dari Aisyah radhiyallahu’anha, ia berkata: “Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pernah menyuruh kami memotong aqiqah 2 ekor kambing untuk anak laki-laki dan sesekor kambing untuk anak perempuan.” (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi)

Namun, jika tidak mampu membeli 2 ekor kambing untuk bayi laki-laki, Allah memberi keringanan dengan diperbolehnya beraqiqah hanya dengan 1 ekor kambing. Hal ini dijelaskan dala hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas berikut ini, yang artinya:

“Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pernah mengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).” (HR. Abu Daud)

  1. Hewan yang disembelih memiliki kriteria yang sama seperti hewan qurban

Hewan Aqiqah

Hewan Aqiqah

Kriteria hewan yang disembelih untuk aqiqah adalah hewan yang memiliki kriteria sama dengan hewan qurban, yaitu sehat, tidak buta, tidak cacat, tidak pincang, dan sudah mencapai usia minimal setengah tahun.

  1. Mencukur rambut dan memberi nama kepada bayi

Mencukur rambut bayi

Mencukur rambut bayi

Bersamaan dengan dilaksanakaannya aqiqah, Rasulullah Muhammad SAW juga menganjurkan untuk mencukur rambut dan memberi nama yang baik kepada bayi yang baru lahir. Setelah dicukur, kemudian rambut tersebut ditimbang dan hasil timbangannya dihitung dengan harga emas untuk kemudian disedekahkan kepada orang yang membutuhkan.

Dari Fatimah binti Muhammad, ketika melahirkan Hasan dia berkata, “Rasulullah bersabda: ‘Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak kepada orang miskin seberat timbangan rambutnya.’” (HR Ahmad, Thabrani, dan Al-Baihaqi)

  1. Membagikan daging aqiqah

Membagikan Daging Aqiqah

Membagikan Daging Aqiqah

Saat melaksanakan aqiqah, kita disunahkan untuk memakan sepertiga dagingnya, menghadiahkan sepertiga kepada kerabat dan sahabat, serta memberikan sepertiga lainnya kepada kaum muslimin.

Kemudian, dalam membagikan daging aqiqah, Rasulullah SAW mengajarkan agar kita membagikan daging tersebut dalam kondisi sudah dimasak. Hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah RA berikut ini, yang artinya:

Sunahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya, lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh.” (HR. Al-Baihaqi)

Itulah beberapa tata cara aqiqah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Jika Anda masih bingung dalam melaksanakan ibadah ini, Anda bisa menghubungi jasa penyedia catering aqiqah yang kini sudah banyak tersebar dan bisa dengan mudah Anda temukan. Melalui jasa catering aqiqah tersebut, penyedia jasa akan membantu Anda dalam proses pelaksanaan aqiqah, mulai dari menyediakan hewan yang sesuai syariat, menyembelih, hingga memasaknya.

Jasa Catering Aqiqah dari Panti Asuhan LKSA Nurul Ihsan

Bagi Anda yang berdomisili di Bandung, salah satu aqiqah catering Bandung yang siap membantu Anda dalam melaksanakan ibadah aqiqah adalah jasa catering aqiqah dari Panti Asuhan LKSA Nurul Ihsan. Melalui jasa aqiqah catering Bandung ini, kami menyediakan jasa pengurusan hewan aqiqah dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa dinegoisasikan terlebih dahulu.

Kami siap membantu pelaksanaan aqiqah mulai dari memilih kambing atau domba yang sesuai syariat, menyembelih dengan tata cara yang benar, serta mengelolanya menjadi paketan nasi dus untuk kemudian dibagigan kepada anak-anak panti asuhan yang ada di tempat kami. Anda tidak perlu ragu untuk memanfaatkan jasa kami karena Panti Asuhan LKSA Nurul Ihsan ini adalah lembaga yang tepercaya dan sudah mempunyai legalitas resmi dari pemerintah.

Selain jasa aqiqah catering Bandung, kami juga memiliki program qurban yang siap memfasilitasi para konsumen atau donatur dalam melaksanakan ibadah qurban. Para donatur yang ingin berqurban di panti kami bisa membawa sendiri hewan qurbannya ataupun menitipkan uang untuk dibelikan kambing dengan harga mulai dari Rp1.900.000 untuk 1 ekor kambing seberat kurang lebih 20 kilogram.

Harga tersebut sudah termasuk biaya pengiriman dari pasar hewan, penyembelihan dan pemeliharaan. Untuk info selengkapnya, silahkan menghubungi telepon (022) 6010939 atau nomor kontak WA/Hp 081320053000.

Bookmark and Share
wheels happy
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *